5 langkah menuju percaya diri

5 langkah menuju percaya diri

1. Proyeksikan rasa percaya diri bahkan ketika anda tidak mempunyai rasa percaya diri. Frase yang harus diingat adalah bertindak seolah-olah. Bertindaklah seolah-olah anda telah mencapai sasaran anda dan sasaran itu akan menjadi milik anda. Dunia mendukung orang-orang yang mengetahui ke mana mereka akan pergi.

2. Terima gagasan bahwa tidak ada sesuatu yang salah untuk menjadi berbeda dari orang lain. Kenyataannya adalah, kita semua berbeda, dan kita dibuat berbeda. Seringkali, dengan berkedok “mencari diri kita sendiri,” kita mencoba dengan sia-sia untuk meniru orang lain. Dari pada meniru orang lain, terimalah keunikan anda.

3. “Perlengkapan” dapat menjadi pendorong rasa percaya diri. Dalam “The Devil’s Advocate,” Morris West menceritakan tentang seorang tokoh yang hanya menaruh sekuntum bunga anyelir segar didalam lipatan bajunya dan menghadapi dunia dengan percaya diri. Tata rambut yang berbeda, seperangkat pakaian baru dan hiasan yang berharga ratusan ribu dapat mengubah anda dari orang yang suka merendahkan diri menjadi orang yang suka memuji diri sendiri.

4. Orang-orang yang memberi inspirasi pada anda dapat melakukan keajaiban-keajaiban untuk mendukung percaya diri anda. Binalah persahabatan dan kelilingi diri anda dengan orang-orang yang mempunyai rasa harga diri tinggi dan positif. Ketimbang bergaul dengan orang-orang yang selalu pesimis dan merendahkan diri.

5. Habiskan sedikit waktu untuk diri anda sendiri. Ketenangan adalah inti dari pengenalan diri sendiri.Ketika kita sedang dalam keadaan sendiri, kita belajar untuk mengevaluasi diri kita dan mengenali potensi-potensi diri kita. Mengenal diri anda sendiri adalah dasar dari komunikasi yang sangat kuat. Mengenal diri anda sendiri berarti mengenal semua orang.

Dengan membangun percaya diri anda telah mengambil langkah pertama yang amat penting untuk mengembangkan kemampuan komunikasi yang lebih baik. Anda akan lebih memahami orang lain dan dapat menyampaikan gagasan-gagasan anda dengan lebih meyakinkan. (Muchlis Anwar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *