4 Rahasia Komunikator Andal

4 Rahasia Komunikator Andal

Seringkali seseorang dikatakan sebagai komunikator handal hanya karena kemampuannya dalam mengolah kata atau pandai menggunakan istilah-istilah yang teknis. Sehingga ukurannya hanyalah sekedar apa yang disampaikannya secara verbal.

Penilaian ini tentu saja tidak salah, tapi masih kurang lengkap. Seorang komunikator dikatakan handal bukan hanya sekedar pandai bicara. Tapi merupakan pribadi yang harusnya dilihat sebagai sebuah paket yang utuh. Komunikator handal adalah gabungan yang tidak bisa terpisahkan dari empat unsur yang terpadu secara seimbang.

 

  1. Karakter Positif

Seorang komunikator handal dituntut untuk selalu mengembangkan karakter yang positif. Mereka dipercaya karena integritas dan kejujuran, mereka dicintai karena selalu berempati, Mereka dikagumi karena kesabaran dan ketulusannya.

Karakter positif inilah yang menjadi latar belakang saat mereka berbicara dan bertindak. Karakter positif akan mewujud sebagai pribadi yang :

  • Bisa dipercaya
  • Jujur
  • Respek
  • Empati

 

  1. Wawasan

Anda mungkin pernah mengenal beberapa orang yang enak diajak ngobrol tentang banyak hal. mulai dari kekalahan Real Madrid, kenaikan harga BBM sampai situasi terakhir pemilu di Amerika.

Sebaliknya, seberapa sering pembicaraan kita mandeg karena kehabisan bahan untuk dibicarakan. Atau menghadapi seseorang yang membicarakan tema yang itu-itu saja setiap bertemu.

Untuk memperluas wawasan, paling tidak ada empat hal yang perlu dilakukan secara kontinyu :

  • Banyak baca
  • Banyak lihat
  • Banyak dengar
  • Banyak gaul

Keempat hal inilah yang perlu dilakukan secara rutin untuk memperluas wawasan kita sebagai seorang komunikator.

Memang tidak semua informasi yang ada dapat dijadikan referensi, disini kemampuan untuk memfilter informasi menjadi satu keharusan. Perlu ketelitian memilih sumber informasi yang dapat dipercaya, akurat dan berkualitas.

 

  1. Tehnik Komunikasi

Ini adalah alat utama bagi seorang komunikator. Bagaimana mungkin dia dapat berkomunikasi dengan efektif bila tidak menguasai tehniknya. Dengan menguasai tehniknya, pesan anda akan akan mudah dimengerti sehingga anda akan mendapatkan feedback sesuai dengan yang anda inginkan.

Ada tiga hal penting yang harus dikuasai dalam mengembangkan tehnik berkomunikasi :

  • Anda tahu apa yang akan anda sampaikan. (Pesan)
  • Anda tahu bagaimana cara menyampaikannya. (Cara)
  • Anda tahu kepada siapa anda akan menyampaikan pesan tersebut.(Audiens)
  1. Penampilan

“Jangan menilai buku dari sampulnya” Ungkapan ini seringkali tidak berlaku dalam komunikasi interpersonal. Keputusan apakah anda layak didengarkan atau tidak, masih bergantung pada tampilan fisik anda.

Ungkapan yang lebih pas untuk menjelaskan hal ini adalah “ Medium is the message”. Penampailan anda, meliputi busana yang anda kenakan dan perawatan tubuh membawa pesan tersendiri terhadap nilai pesan yang akan anda bicarakan.

Sudah cukup banyak riset yang membuktikan bahwa audiens seringkali berpersepsi bahwa anda adalah pribadi yang pantas didengarkan dan lebih dipercaya karena melihat busana yang anda kenakan dan penampilan fisik anda secara keseluruhan.

(Muchlis Anwar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website