Public Speaking

ps

 

Tidak sekedar bisa bicara.

Orang-orang yang tidak pernah secara serius mengembangkan kemampuan berbicara di depan publik, seringkali merasa puas dengan kemampuannya cuma karena tidak pernah ada orang yang mengomentari pidato, sambutan atau presentasinya.

Sekedar berbicara tanpa pernah memikirkan tanggapan audiens, merasa puas hanya karena semua audiens terdiam, adalah hal yang biasanya terjadi pada para dosen, guru, pejabat pemerintah dan pimpinan perusahaan. Asal pesan tersampaikan maka semua dianggap beres. Inilah yang terjadi bila melihat public speaking sekedar bisa berbicara dan menyampaikan pesan didepan audiens.

Sekedar menyampaikan informasi, adalah tingkatan paling rendah dalam public speaking yang memerlukan kemampuan minimum, asal bisa bicara dan menyusun kata-kata. Bagi anda yang membaca tulisan ini, tentu saja anda tidak ingin sekedar dilevel terendah ini. Kemampuan menginspirasi, memotivasi, mengarahkan audiens untuk mengikuti kehendak anda, adalah tingkatan yang harus anda capai.

Public speaking sesungguhnya adalah seni dalam berbicara didepan publik. Bagaimana mengolah kata, memainkan intonasi, menggunakan bahasa tubuh, membangun antusias, memahami kebutuhan audiens dan menunjukkan respek pada mereka. Public Speaking bukan sekedar demonstrasi kata-kata, lebih dalam lagi, ia adalah sebuah pertaruhan kualitas diri sang pembicara.

Dengan demikian maka mau tidak mau, untuk mencapai kualitas terbaik sebagai seorang pembicara publik, anda harus melatihnya dengan benar, serius dan intensif. Menguasai keterampilan public speaking bukan hanya melahirkan kesuksesan saat anda diatas panggung, namun juga membawa pengaruh positif pada cara komunikasi saat anda dalam kehidupan sehari-hari.

Kalau teman-teman tidak sempat untuk melatih sendiri kemampuan public speaking, silahkan hubungi kami. Kami punya cara yang spesial untuk membantu anda menjadi pembicara yang kharismatik, cerdas dan menyenangkan. (Muchlis Anwar)

ps-2

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *